Author: TIM SJB Genre: , , , ,
Rating

Ajaran itu Nampak dalam

Hidup Sehari-hari

Download1

Seorang guru dalam suatu pertapaan jaman dahulu mendidik murid-muridnya dengan teladan hidupnya. Ajaran guru terbukti dan meyakinkan dari hidupnya, kesaktiannya dan kebijaksanaannya. Seorang yang berpengaruh dalam masyarakat dan disegani, bukan karena pangkat atau kekuasaan dan kekayaan, tetapi hidupnya yang ternilai, berisi atau berbobot. Anak akan mudah tunduk pada nasehat orang tua, bila nasehat itu merupakan ungkapan dan kenyataan hidup orang tua itu sendiri.

Dalam hidupnya Yesus mengajar dan mewartakan keselamatan Allah kepada manusia. Apa yang Ia ajarkan berasal dari pengalaman dan pengetahuan Yesus tentang Allah dan karya-Nya. Ajaran-Nya ia hayati dalam hidup sehari-hari. Ia memperhatikan kebutuhan sesama-Nya; orang tersesat ditunjukkan-Nya jalan yang harus ditempuh. Yang berbuat salah dikoreksi-Nya supaya memilih jalan yang benar. Ia tidak rela kalau sesama-Nya terjerumus dalam kegelapan. Ia mau mewujudkan keselamatan bagi semua orang.

 Kristus telah memanggil dan memilih kita. Artinya Ia telah menanamkan benih-benih keselamatan dalam diri kita. Kita telah dijadikan jembatan atau tonggak untuk menjalarnya keselamatan itu; kita dipilih untuk membawa keselamatan itu kepada orang lain. Yesus ingin agar kesempatan yang diberikan kepada kita, merupakan tanah yang subur, sehingga benih keselamatan yang ditanam dalam diri kita bisa berkembang dan menghasilkan buah. Dengan kata lain: kita memberikan arti, isi dan jalan kepada orang lain, membawa keselamatan. Hidup sehari-hari kita harus merupakan pewartaan keselamatan seperti hidup Yesus sendiri.

Pst. Fons Bogaartz , OSC

Leave a Reply


  • Paroki St. Laurentius
  • Paroki St. Laurentius
  • Sekretariat Paroki St. Laurentius